Tuesday, November 17, 2009

Makna Istighfar

Makna Istighfar menurut Imam Ali bin Abi Thalib

Berkata seseorang di hadapan Imam Ali bin Abi Thalib as: "Astaghfirullah" Maka imam ali as berkata kepada orang tersebut : "Apakah engkau tahu arti istighfar? Istighfar adalah derajatnya orang-orang yang dekat dengan Allah. Dan ketahuilah bahwa istighfar itu suatu nama yang mengandung 6 arti yaitu:

Menyesali atas apa-apa yang telah terjadi di masa lampau.

Bertekad untuk meninggalkan kembalinya perbuatan itu selamanya.

Supaya engkau memberikan kepada semua manusia hak-hak mereka sehingga engkau menemui Allah, tidak ada yang mengikutimu dari hak-hak itu.

Supaya engkau mengerjakan setiap kewajiban yang engkau telah tinggalkan dan engkau tunaikan hak-haknya.

Daging-daging yang tumbuh dari hasil pencarian yang haram, engkau lumerkan dengan kesedihan-kesedihan, sehingga melekat/menempel kulit dengan tulang dan tumbuh di antara nya setelah itu daging yang baru.

Supaya engkau merasakan badan yang sakit karena mengerjakan taat, seperti engkau merasakan manisnya maksiat.

Dan setelah itu, ujar Imam Ali as, barulah engkau mengucap :"Astaghfirullah".

Berkata Imam muhammad Al-baqir as:

"Di bumi ini ada dua pengaman dari siksa Allah. Salah satunya telah di angkat oleh Allah dan bagian yang lain, maka berpegang teguhlah dengan yang lain itu. Ketahuilah bahwa pengaman yang telah di angkat oleh Allah adalah Rasulullah saw dan yang lainnya ialah Istighfar."

Allah berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 33 :
"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu (muhammad) berada di antara mereka. Dan tidak pula Allah akan mengazab mereka sedang mereka meminta ampun".

No comments:

Post a Comment